IMG-LOGO
Berita

Sosialisasi Kegiatan Peningkatan Cadangan Air Tanah

Create By 09 December 2019 1664 Views
IMG

Pada hari Jum'at tanggal 6 Desember 2019 telah dilaksanakan Sosialisasi Kegiatan Peningkatan Cadanagan Air Tanah Dengan Pembuatan Sumur Resapan dan Bioporide. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang. Kegiatan tersebut diikuti oleh Desa Desa penyangga mata air Citrono yang berada diwilayah Kecamatan Grabag dan Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang.

Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang Bapak Joko. Dalam kegiatan ini diisi Materi oleh Bapeda Kabupaten Magelang Bapak Didik.

Beliau Didik menyampaiakan materi yang fokus pada Kajian Kerentanan Air (KKMA) Citrosono Kabupaten Magelang. Latar belakang dalam kajian tersbut adalah: Pertumbuhan Penduduk Meningkat; Kebutuhan Air Bersih Meningkat; Kebutuhan Lahan untuk pemukiman meningkat; Luasan daerah resapan Air berkurang, Trend curah hujan menurun; air hujan yang diserap berkurang; debit mata air menurun; meningkatkan limpasan air yang dapat mengakibatkan banjir; Potensi pencemaran permukiman meningkat; dan Kualitas air/ mata air menurun.

Beliau juga menyampaiakan beberapa rekomendasi berkaitan dengan Kajian Kerentanan Mata aiar Citrosono antara lain:

1. Untuk mengurangi dampak dari kerentanan terhadap kuantitas dapat diantisipasi dengan membuat imbuhan buatan (artificisial) agar potensi air hujan di daerah imbuhan mata air citrosono dapat teresapkan sehingga adebit mata air dapat meningkat dan berkesinambungan

2. Perlu Rencana aksi untuk mengurangi dampak kerentanan kuantitas dan kerentanan kualitas

IMG
IMG
IMG